Proposal Penelitian Ilmiah
"Manfaat Internet Bagi Pembelajaran Mahasiswa"
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Seiring dengan perubahan paradigma
pembelajaran, maka keberhasilan kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi
tidak hanya ditentukan oleh faktor pengajar/dosen, melainkan sangat dipengaruhi
oleh keaktifan mahasiswa. Kurikulum baru tahun 2004 mempertegas bahwa proses
pembelajaran harus berpusat pada peserta belajar, pengajar bukan sebagai satu-satunya
sumber belajar atau sumber informasi, melainkan berperan sebagai fasilitator,
dinamisator, dan motivator dalam pembelajaran.
Komunikasi memegang peranan penting dalam pendidikan. Agar komunikasi antara dosen dan mahasiswa berlangsung baik dan informasi yang disampaikan dosen dapat diterima oleh mahasiswa, maka dosen perlu
mensiasati kegiatan belajarnya dengan menggunakan alat peraga, salah satunya
adalah Penggunaan media pendidikan. Media sangat penting guna menunjang keberhasilan dosen dalam mengajar mahasiswanya, dengan menggunakan media
pendidikan maka dosen tidak akan mengalami
kesulitan dalam mengajarkan berbagai materi yang diajarkan kepada mahasiswa. Salah satu media yang
digunakan adalah penggunaan Internet dalam Belajar.
Selain
sumber belajar berupa perpustakaan yang tersedia di kampus, sekarang ini
berkembang teknologi internet yang memberikan kemudahan dan keleluasaan dalam
menggali ilmu pengetahuan. Melalui internet mahasiswa dapat mengakses berbagai
literatur dan referensi ilmu pengetahuan yang dibutuhkan dengan cepat, sehingga
dapat mempermudah proses studinya. Oleh karena itu, penulis membuat penelitian
ilmiah yang berjudul “Manfaat Internet
Bagi Pembelajaran Mahasiswa”
1.2 Perumusan Masalah
Untuk memperjelas permasalahan yang akan
diteliti, maka masalah tersebut dirumuskan sebagai berikut:
- Apakah mahasiswa telah memanfaatkan internet sebagai sumber belajar ?
- Alasan apa yang memotivasi mahasiswa memanfaatkan internet sebagai sumber belajar ?
- Faktor apa yang mendukung dan menghambat mahasiswa untuk memanfaatkan internet sebagai sumber belajar ?
1.3
Batasan Masalah
Berdasarkan latar
belakang masalah di atas, dapat diidentifikasi permasalahan yang berkaitan
dengan pemanfaatan sumber belajar, antara lain : optimalisasi pemanfaatan
perpustakaan sebagai sumber belajar, pemenuhan koleksi buku-buku yang tersedia
di perpustakaan, pemanfaatan internet sebagai sumber belajar, serta pemanfaatan
sumber daya lingkungan sebagai sumber belajar. Meskipun banyak permasalahan
yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber belajar dalam proses pembelajaran,
namun dalam penelitian ini hanya membatasi pada masalah pemanfaatan internet
sebagai sumber belajar oleh mahasiswa.
1.4 Tujuan
Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui :
- Jumlah mahasiswa yang telah memanfaatkan internet sebagai sumber belajar.
- Alasan yang memotivasi mahasiswa memanfaatkan internet sebagai sumber belajar.
- Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat mahasiswa memanfaatkan internet sebagai sumber belajar
1.5 Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan dapat
bermanfaat :
- Bagi mahasiswa, untuk lebih meningkatkan pemanfaatan teknologi internet sebagai sumber belajar, sehingga mempercepat masa studinya.
- Bagi program studi, sebagai bahan pertimbangan dalam membuat kebijakan dan program kerja yang berkaitan dengan fasilitas sumber belajar.
- Bagi peneliti, sebagai dorongan untuk lebih meningkatkan penguasaan teknologi informasi sehingga dapat memperbaiki kemampuan dalam mengajar.
1.6 Sistematika Penulisan
BAB I : PENDAHULUAN
Pada bab ini menguraikan tentang latar belakang,
rumusan masalah, batasan masalah, tujuan, manfaat penelitian, dan sistematika
penulisan.
BAB II : LANDASAN TEORI
Pada bab ini menguraikan tentang teori-teori
yang mendukung atau berhubungan dengan
penulisan ilmiah ini dan ruang lingkup tentang internet, jenis-jenis internet,
bahaya internet, pengaruh, dan kesimpulan hipotesis sementara.
BAB III : PENUTUP
Pada bab ini merupakan penutup dari penulisan ilmiah
yang berisi kesimpulan, saran, dan daftar pustaka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar