Rabu, 05 Juni 2013

Proposal Penelitian Ilmiah

Proposal Penelitian Ilmiah 
"Manfaat Internet Bagi Pembelajaran Mahasiswa"

BAB 1
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang

Seiring dengan perubahan paradigma pembelajaran, maka keberhasilan kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi tidak hanya ditentukan oleh faktor pengajar/dosen, melainkan sangat dipengaruhi oleh keaktifan mahasiswa. Kurikulum baru tahun 2004 mempertegas bahwa proses pembelajaran harus berpusat pada peserta belajar, pengajar bukan sebagai satu-satunya sumber belajar atau sumber informasi, melainkan berperan sebagai fasilitator, dinamisator, dan motivator dalam pembelajaran.
Komunikasi memegang peranan penting dalam pendidikan. Agar komunikasi antara dosen dan mahasiswa berlangsung baik dan informasi yang disampaikan dosen dapat diterima oleh mahasiswa, maka dosen perlu mensiasati kegiatan belajarnya dengan menggunakan alat peraga, salah satunya adalah Penggunaan media pendidikan. Media sangat penting guna menunjang keberhasilan dosen dalam mengajar mahasiswanya, dengan menggunakan media pendidikan maka dosen tidak akan mengalami kesulitan dalam mengajarkan berbagai materi yang diajarkan kepada mahasiswa. Salah satu media yang digunakan adalah penggunaan Internet dalam Belajar.

Selain sumber belajar berupa perpustakaan yang tersedia di kampus, sekarang ini berkembang teknologi internet yang memberikan kemudahan dan keleluasaan dalam menggali ilmu pengetahuan. Melalui internet mahasiswa dapat mengakses berbagai literatur dan referensi ilmu pengetahuan yang dibutuhkan dengan cepat, sehingga dapat mempermudah proses studinya. Oleh karena itu, penulis membuat penelitian ilmiah yang berjudul “Manfaat Internet Bagi Pembelajaran Mahasiswa
1.2  Perumusan Masalah

Untuk memperjelas permasalahan yang akan diteliti, maka masalah tersebut dirumuskan sebagai berikut:
  1. Apakah mahasiswa telah memanfaatkan internet sebagai sumber belajar ?
  2. Alasan apa yang memotivasi mahasiswa memanfaatkan internet sebagai sumber belajar ?
  3. Faktor apa  yang mendukung dan menghambat mahasiswa untuk memanfaatkan internet sebagai sumber belajar ?

1.3  Batasan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, dapat diidentifikasi permasalahan yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber belajar, antara lain : optimalisasi pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar, pemenuhan koleksi buku-buku yang tersedia di perpustakaan, pemanfaatan internet sebagai sumber belajar, serta pemanfaatan sumber daya lingkungan sebagai sumber belajar. Meskipun banyak permasalahan yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber belajar dalam proses pembelajaran, namun dalam penelitian ini hanya membatasi pada masalah pemanfaatan internet sebagai sumber belajar oleh mahasiswa.
1.4  Tujuan
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :
  1. Jumlah mahasiswa yang telah memanfaatkan internet sebagai sumber belajar.
  2. Alasan yang memotivasi mahasiswa memanfaatkan internet sebagai sumber belajar.
  3. Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat mahasiswa memanfaatkan internet sebagai sumber belajar 
1.5  Manfaat Penelitian
 Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat :
  1. Bagi mahasiswa, untuk lebih meningkatkan pemanfaatan teknologi internet sebagai sumber belajar, sehingga mempercepat masa studinya.
  2. Bagi program studi, sebagai bahan pertimbangan dalam membuat kebijakan dan program kerja yang berkaitan dengan fasilitas sumber belajar.
  3. Bagi peneliti, sebagai dorongan untuk lebih meningkatkan penguasaan teknologi informasi sehingga dapat memperbaiki kemampuan dalam mengajar.
1.6  Sistematika Penulisan
BAB I : PENDAHULUAN
Pada bab ini menguraikan tentang latar belakang, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan, manfaat penelitian, dan sistematika penulisan.
BAB II : LANDASAN TEORI
Pada bab ini menguraikan tentang teori-teori yang mendukung atau berhubungan   dengan penulisan ilmiah ini dan ruang lingkup tentang internet, jenis-jenis internet, bahaya internet, pengaruh, dan kesimpulan hipotesis sementara.
BAB III : PENUTUP
Pada bab ini merupakan penutup dari penulisan ilmiah yang berisi kesimpulan, saran, dan daftar pustaka.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar