Rabu, 19 Maret 2014

Game Flappy Bird Mendunia




Flappy bird. Duh siapa sih yang nggak kenal game ini? Hayo ngaku, pasti di antara kalian sudah banyak yang memainkan dan mulai stress karenanya kan? Banyak orang bingung, mengapa bisa game simple seperti ini membuat addict dan sangat mendunia. Namun, sangat disayangkan game ini telah terbang jauh dan ditarik dari peredaran.
Well, buat kamu yang belum sempat mendownload, sebenarnya sih game ini hanya meminta kamu untuk membantu seekor burung melewati tiang-tiang dengan berbagai ukuran. Burung berwarna kuning atau biru itu harus dibantu terbang dengan cara mengetuk-ketukan jarimu seusai dengan kebutuhan si burung untuk terbang. Terus kalau kurang gimana? Si burung nabrak, langsung jatuh dan permainan berakhir. Selesai deh. Kesel kan? Ujung-ujungnya kalian bakal mengulang permainan lagi-lagi sampai berhasil atau bahkan sampai butek.

Walau sudah berlalu Flappy Bird tetap memukau. Lalu apa sih yang membuat Flappy Bird mendunia?
1.      Sederhana
Kesederhanaan menjadi daya tarik tersendiri di sini. Game ini hadir dengan dominasi warna hijau, biru, dan kuning. Sangat berbeda dibandingkan game populer seperti Candy Crush dan Angry Bird yang memaksimalkan grafis.

2.      Mudah Dimainkan
Sebuah game yang mudah dimainkan selalu menarik untuk dicoba saat senggang. Nah, misi dari Flappy Bird ini hanya memandu seekor burung terbang melewati rintangan berupa pipa. Satu ketukan di ponsel atau tablet mu berarti satu kepakan si burung. Semakin banyak rintangan terlewati, semakin tinggi poin mu. Tapi ingat, jangan sampai si burung nabrak. Karena kerjakerasmu akan sia-sia dan permainan berakhir. Konsentrasi juga dibutuhkan saat memainkan game ini. Maka dari itu, seseorang yang sedang memainkan Flappy bird terlihat sangat menekuni layar ponsel atau tabletnya tanpa mau diganggu.

3.      Menyentuh Emosi
Semua kesederhanaan dan kemudahan yang disuguhkan membuat para pemainnya tersentuh emosinya dan kecanduan. Dimana mereka akan merasakan ketagihan bermain dan memilih untuk menamatkan permainan dibanding memilih tidak memainkannya. Flappy bird juga menyentuh emosi dengan cara lain, yaitu dengan membuat kesal pemainnya saat gagal. Kegagalan demi kegagalan akan membuat orang cepat stress, namun tak lama kemudia kembali memainkannya karena penasaran. Kayanya Flappy Bird juga ampuh untuk mengetes dan mengasah kesabaran.
Game yang dikembangkan oleh Gear Studio ini tampilannya masih dua dimensi dan pikselnya kasar. Tapi tenang aja, dari segi grafis sangat halus dan berjalan dengan baik. Hal yang sederhana kadang kala menyimpan sesuatu yang ternyata sangat menarik saat diselami lebih dalam, ya seperti Flappy Bird ini.
Saat kejayaannya, game yang sudah meluncur di pasaran sejak Maret 2013 ini berada pada posisi teratas di App Store dan Google Play. Menggantikan Candy Crush dan Angry Bird yang sempat tenar sebelumnya. Psst! Flappy Bird sudah diunduh lebih dari 10 juta pengguna loh. Amazing!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar