Jumat, 07 Oktober 2011

Masa lalu dan masa depan

Masa lalu, masa sekarang, dan masa yang akan datang. Itulah dimensi waktu yang senantiasa hadir dalam kehidupan manusia di dunia ini. Dimanakah kita berada? Jelas, kita berada pada masa sekarang. Masa lalu telah menjadi sejarah dan menjadi sebuah kenangan yang mungkin mengesankan tetapi mungkin juga menyedihkan untuk kita ingat lagi. Kita hanya bisa mengenangnya, melihat catatan-catatan peristiwa yang ada di dalamnya. Bagaimana dengan masa depan? Ia masih berupa misteri.

Jika dmikian adanya, yang pasti dan yang benar-benar menjadi milik kita adalah masa sekarang.Masa yang baru buat kita menjalani kehidupan yang baru tanpa melihat dari sebuah masa lalu. Masa yang sekarang merupakan hadiah dari Allah yang layak kita sambut dan kita manfaatkan sebaik-baiknya. Masa yang akan menentukan baik buruknya kita pada masa yang akan datang. Masa yang akan mampu memperbaiki catatan-catatan buruk kita pada masa lalu. Oleh karena itu, kita boleh menengok ke belakang tetapi hanya untuk dijadikan sebagai pelajaran kita di masa yang akan datang. Sesungguhnya mengingat-ingat masa lalu tidaklah berguna, karena dengan begitu kita tidak akan pernah maju untuk mencapai masa depan kita melainkan kita akan terdiam dan kadang hanya membuang waktu saja untuk hal yang tidak berguna itu.
Jadi masa lalu merupakan sebuah pelajaran untuk mencapai masa depan yang baik dan berguna bagi diri kita maupun orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar